Catatan Pakde Azemi: TAHUKAH kamu? MANUSIA diciptakan dalam KELUH kesah….


Catatan ini terinspirasi saat cangkrukan dengan konco BECAK dan SOPIR ANGKOT, di pinggir KALI dekat rumah. Salah satu dari mereka bertanya.: “ Pakde, tonggoku kok nelongso terus sih, wes sugih, bojone yoo ayu, kok ngersulo ae sih Pakde?

Dari pernyataan tersebut saya ingat betul saat kecil dulu selalu di ingatkan beberapa ayat tentang manusia. Oleh BapakQ
Pertama
sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.
QS. at-Tin (95) : 4

BapakQ : “Anakku Azemi, perhatikan surat di atas, Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik baiknya. Perhatikan manusia diciptakan tak ada yang sama identik (kembarpun tak identik), pasti memiliki perbedaan, itulah JANJI Gusti Allah melalui Ayat tersebut. Gusti Allah membedakan manusia dengan hewan.

Ada 2 yang bisa membedakan manusia dengan Hewan :
1. Suaranya, 200 ekor kambing suara sama, tetapi 5 orang saja suaranya tidak ada yang sama
2. Wajahnya 50 ekor SAPI wajahnya semua sama, tetapi 5 orang saja wajahnya tak sama.

Subhanallah, begitulah JANJI ALLAH. Luar biasa manusia di ciptakan dengan sebaik baiknya makhluk.
Kalau di lihat dari anatomi tubuhnya juga sempurna, coba hidung manusia lubangnya menghadap bawah kalau lubangnya menghadap atas, kita ga pernah bisa mandi. Engsel tangan dan kaki. PERHATIKAN dengan serius, kalau tangan hanya bisa di tekuk ke depan, sedangkan Kaki hanya bisa di tekuk ke belakang. Bayangkan kalau terbalik pasti kita ga bisa ambil makanan dan berjalan, anda pasti mesem setelah memca ini, tetapi ini memang kenyataan atas Kebesaran Allah SWT.

Sungguh Guasti Allah Maha Tinggi IlmuNYA.

Kedua
– Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. (QS. al-Ma’arij (70) : 19)
– Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, (QS. al-Ma’arij (70) : 20)
– dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, (QS. al-Ma’arij (70) : 21)
– kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, (QS. al-Ma’arij (70) : 22)
– yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, (QS. al-Ma’arij (70) : 23)

BapakQ : anakQ azemi : “perhatikan ayat di atas, sungguh Gusti Allah sudah memberikan sinyal pada manusia, bahwa hidupnya akan selalu keluh kesah dan juga KIKIR”.

Dilanjutkan BapakQ, sambil nyocol Gulai Kambing dengan Rati maryamnya, kesukaan BapakQ

Ini sudah bukan RAHASIA lagi perlu kamu ketahui. Perhatikan orang yang memiliki kekayaan, dia akan selalu bingung, isteri cantik takut karena di rumahnya ada HANSIP (satpam sekarang), mau wisata bingung bawa baju berapa uang berapa ?, badannya kurus bingung pengen gemuk, sudah gemuk bingung pengen KURUS. Kata Allah ini akan menjadi jadi kalau dia mendapatkan kebaikan /kenikmatan makin KIKIR. KECUALI mereka yang sholat.

Kesimpulan :
Berpegang pada Al-Quran (kalimat Allah), sungguh manusia menjadi percaya diri, tidak sombong, mengerti Allah penentu segalanya, yakin keluh kesah memang bukan jalan terbaik, Sholat adalah OBAT MUJARAB.
Dulur”Q dan PonakanQ, sungguh catatan ini bisa menjadi referensi dalam kehidupan kita, agar berlaku manis di hadapan Allah maupun dihadapan Manusia.

Sambil Maem BATAGOR rasa TengGiri, maknyuzzzz tenan
Minum es Dawet rasa DUREN glegeg, glegeg……….

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s