Kalimat Dokter itu MENGHANTUI diriKU


Hari ke 2 General CheckUP, sebenarnya saya sudah mempersiapan mental sedemikian rupa, agar tidak stress seperti hari Pertama kemaren. Namun kenyataan berbeda, saya bukan stress karena memperhatikan orang lain yang sakit, tetapi lebih diakibatkan kalimat dokter sbb :
Dokter : pak azmi, alhamdulillah jantung bagus, jaga pola makan. Organ tubuh milik gusti Allah sampean cuman disuruh menjaga dengan baik pak, bapak tidak sewa bukan? harga jantung buatan manusia mahal pak, itupun ga se-awet aslinya.
Aku : “kalau begitu saya harus bagaimana dok?”
Dokter : “jangan merokok ya!”.
Aku : “saya sudah berhenti merokok!”.
Dokter : “oh, semoga itu bisa dipertahankan”.

Dari percakapan dengan dokter tersebut, ada beberapa hal yang perlu aku garis bawahi :

Pertama : Menjaga pola makan. Makan adalah kebutuhan utama manusia, tetapi manusia harus dapat membatasi diri dan selektif memiliki makanan untuk tubuhnya. Kalau ada kalimat Makanlah saat kamu lapar dan berhentilah sebelum kenyang. pas benar untuk dilakukan, tetapi kadang kita mengurangi porsi makan, tetapi camilan tak pernah berhenti padahal camilan berupa gorengan sangat rentan dengan kolesterol dan asam urat.

Kedua : manusia memiliki organ yang semuanya vital sampai alis dan bulu mata saja ada fungsinya, sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya QS. at-Tin (95) : 4. Kalau ada manusia yang mereposisi organ tubuh dengan dalih membuat tubuh lebih bagus, ini sungguh ironis sekali. Bentuk tubuh yang ideal bukan berarti harus dipermak dengan melakukan bedah plastik. Bedah plastik hingga kini masih menyimpan misteri terhadap pelakunya setelah beberapa tahun kemudian. Ingat mendiang Cak Jacko (penyanyi Legendaris) seluruh tubuhnya di rekonstriksi dari kulit hitam menjadi kulit putih akibatnya……………………?

keTiga : Berhentilah Merokok, brosur yang tertulis untuk mengingatkan agar tak merokok :
– Pejabat WHO mengatakan 5 juta orang tiap tahun meninggal karena rokok, seraya menambahkan bahwa perlu dilakukan upaya memerangi rokok, demikian rilis pers yang dikeluarkan hari Rabu 9 Desember.
– Perokok pasif juga menyumbang angka korban hingga 600.000. Sementara itu 95 % negara di dunia tidak memiliki undang-undang anti rokok.
– Beberapa usaha yang disampaikan WHO antara lain melindungi orang dari perokok, melarang iklan rokok dan menaikkan cukai rokok.
– Direktur WHO bidang anti rokok Douglas Bettcher, mengatakan bahwa kampanye bahaya rokok bagi kesehatan tidaklah cukup untuk mengatasi masalah ini.
– Bahkan jika masalah rokok masih terus berlanjut tanpa upaya berarti, diperkirakan setiap tahunnya 8 juta orang akan meninggal pada tahun 2030 karena asap rokok.

Ternyata mudah untuk menjaga jantung kita agar tetep bekerja maksimal :
– Jaga pola makan
– Mengertilah organ manusia satu dengan lainnya sangat berkaitan
– Jangan merokok

Semoga catatan ini bermanfaat untuk kita semua

Tak ada kopi, tak ada Angsle, Ronde maupun wedang Tahu
Semuanya kembali pada AIR PUTIH NORMAL bukan dingin

terinspirasi kalimat dokter Ahli Jantung

Iklan

2 Komentar

  1. wah..makasih infonya pak….

    • terima kasih mb DONA, met kenal, semoga kita dapat selalu menjaga kesehatan dan selalu sehat dan sukses


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s