PENOMENA UpGrade IMAN……….


Membaca Jawa Pos tadi pagi (23 Agustus 2010), tertarik dengan topik “Ikut Pelatihan ESQ hingga sholat Khusuk”. di Sebuah Hotel berBintang di Surabaya diadakan pelatihan ESQ (Emotional Spiritual Quotient), tentunya pengikutnya kaum “berDUIT”, karena dalam bagian lain disebut Mahal tapi Sarat Manfaat, di tempat lain Shangri-la Hotel juga diadakan pelatihan Sholat khusuk dan tahajud, disini juga pengikutnya pasti kaum “berDUIT”.

Apa yang menarik untuk saya ungkapkan dalam note ini ?. Ternyata mencari Tuhan “GUSTI ALLAH” dari seseorang itu sangat sulit dan mahal, sehingga perlu alat bantu “peraga” elektronik, musik dan kalimat kalimat indah dari trainer, yang lebih penomenal lagi bahwa melalui pelatihan ESQ diharapkan dalam waktu beberapa jam atau dilanjutkan dengan latihan berikutnya manusia bisa ter upgrade otaknya dari “tidak” menjadi “Iya” maksudnya dari tidak baik menjadi baik, tidak jujur manjadi jujur, tidak tanggung jawab menjadi tanggung jawa, karena diajarkan Komitmen 7 butir Utama ESQ : JUJUR, TANGGUNG JAWAB, VISIONER, DISIPLIN, KERJASAMA, ADIL, PEDULI

Sepintas Pelatihan ini, mirip seperti Penataran P4 Jaman EYANG HARTO walaupun beda “ALAT PRAGA” namun tujuan yang akan di capai menjadi manusia yang BUDI LUHUR

Sholat Khusuk dan Sholat Tahajut, memberikan pelajara/pelatihann agar seseorang dapat sholat dengan khusuk dan sholat tahajut dengan bener. Ternyata untuk khusuk dan Tahajut dengan bener itu perlu biaya “GEDE” dan yang lebih eklusive lagi harus di latih di HOTEL berBINTANG, sehingga pelatihan tersebut nampak terhormat.

PELAJARAN dari BAPAKku saat masih kecil.

Bapak : azmi, kalau kamu akan sholat sediakan waktu atau pastikan kamu sudah tidak memiliki pekerjaan yang mendesak

Aku : lhoo kenapa, Pak ?

Bapak-ku : karena apabila kamu masih punya pekerjaan yang belum tuntas, saat sholat kamu pasti kepikiran pada pekerjaan yang belum selesai, akibatnya kamu pengen cepet2 menyelesai salam

Bapak-ku : Azmi, pastikan kamu sanggup menyediakan waktu yang cukup, untuk bercengkerama dengan Gusti Allah.

Bapak-ku : Azmi, lakukan dengan Tuma’nina, sehingga kamu ga capek melakukan sholat, karena peredaran darah kamu berjalan tanpa paksaan, saat darah belum nyampai di otak kamu sudah bangkit, saat darah belum nyampai pada edarnya kamu sudah sujud, akibatnya kamu mudah capek dan berakibat mudah terserang penyakit.

Bapak-ku : Azmi, saat kamu wudhu, sempurnakan air sampai cela cela raga kita, kalau mengusap lengan, pastikan air sudah kamu usapkan sampai siku, kalau mengusap muka, pastikan seluruh muka dapat tersirami air. Setelah selesai berdoa jangan lupa.

Apabila saya perhatikan pelatihan, sholat khusuk bisa dilakukan saat kita sholat sendiri, namun saat sholat berjamaah, tergantung IMAMnya dalam membawakan surat dan suara imam itu indah apa ngga’, apabila imamnya sudah ngga tuma’nina, maka makmum akan terpengaruh AURA yang ada saat itu.

Kesimpulan :

  1. Alangkah indahnya apabila belajar mengenal Allah itu dapat dilakukian di mesjisd, karena masjid bukan hanya tempat untuk melakukan Ibadah, namun juga dapat dipakai sebagai tempat menuntut ilmu termasuk ilmu bela diri.
  2. Pelatihan ESQ bila, dilakukan di mesjid mesjid, tentunya semua lapisan masyarakat dapat menikmati (bukan ekslusive)
  3. Sholat khusu’ sebenarnya tidak sulit, asal kita sanggup dan ikhlas menyediakan waktu untuk bercengkerama dengan Gusti Allah.
  4. Saat wudhu jangan kita tak punya gaitrah untuk menikmati sirami air yang sudah kita pasrahkan pada gusti Allah, karena saat awal kita membaca BISMILLAH…..
  5. Masih Ingat dengan note saya = Jangan terpesona sholat sambil “MENANGIS”? ternyata pelakunya…..

Note ini bukan bermaksud tidak sependapat dengan pelatihan dengan biaya MAHAL di lakukan di hotel hotel berbintang, namun note hanya bertujuan untuk memberikan renungan pada siapa saja yang bisa memberikan solusi yang baik untuk kemasylahatan UMAT dengan biaya murah namun tak mengurangi esensi yang terkandung, agar manusia memiliki budi pekerti yang LUHUR dan dapat melakukan sholat dengan baik.

23 Agustus 2010

Semoga ada manfaatnya

Pakde Azemi

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s