RENUNGAN……….


Untuk menjawab pertanyaan teman teman sopir angkot, tukang becak, tukang batu, bahkan ada WAK Kaji yang nimbrung tanya dengan pertanyaan begini : Pakde saya puasa, tetapi saya belum bisa sembayang, saya sudah Kaji tetapi saya belum sempat sholat, saya bisanya cuman sholat tetapi ga bisa puasa, macam macam pertanyaan ini saya jawab cuman satu ayat dibawah ini, semoga ada manfaatnya

Cak, Mas dan Wak Kaji tolong sampean perhatikan ayat di bawah ini :

[2:208] Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Kata Arek Suroboyo Masuk Islam itu jangan setengah setengah, pengertian kalau ga bisa TOTAL yooo, namanya BUKAN lagi MUSLIM, karena islam itu di Bangun dalam 5 kerangka Landasan :

  1. Sahadat
  2. Sholat
  3. Zakat
  4. Puasa
  5. Haji

SAHADAT –

pertama – merupakan persaksian kita tentang tiada Tuhan Selain ALLAH,yang menciptakan, yang memiliki sifat Maha, yang Maha mengatur yang menurunkan segala tatacara manusia behubungan dengan DiriNYa juga dengan Manusia sekaligus dengan Alam, karena itu jangan di ingkari persaksian ini.

Kedua – merupakan persaksian nabi Muhammad adalah utusan Gusti Allah, sehingga apa yang dikatakan harus dan wahjib kita taati, apa yang dilakukan sejogyanya kita lakukan, karena ucapan tingkah laku dan semua perbuatan beliau selalu atas petunjuk WAHYU gusti Allah.

SHOLAT : adalah merupakan tolok ukur yang telah digariskan oleh gusti Allah, dan pada saatnya nanti, amalan yang di hizab dahulu adalah SHOLATnya bagaimana, apakah sholatnya bagus, maka seluruh amalan lainnya dianggap LULUS, sebaliknya apabila sholatnya kurang bagus maka dipastikan amalan lainnya GUGUR. Karena itu seseorang yang Puasa namun tidak sholat, insya’ Allah gusti Allah tidak pnuya itung itungan dengan puasanya, orang yang jadi WAK KAJI tetapi males sholat pastikan,Hajinya kurang sempurna. Apakah ini ada hubungannya dengan Sholat mencegah perbuatan Keji dan Mungkar ? sampean sendiri yang dapat menjawab.

ZAKAT – ini hanya untuk orang yang mampu

PUASA – puasa ini hanya diperuntukkan bagi orang yang beriman, seperti pada ayat

[2:183] Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, Bagaimana orang beriman ?

Puasa ini hanya orang yang beriman saja yang dipanggil, kenapa ?

karena orang yang beriman itu memiliki ciri

  1. Kecintaannya terhadap Gusti Allah melebihi Segalanya
  2. Gemar membaca surat surat (wahyu) yang diturunkan oleh Gusti Allah, kegemarannya melebihi ia mencintai sesuatu yang ada
  3. Selalu menunaikan Sholat
  4. Gemar Sodaqoh

Kira kira itu yang dapat pakde berikan untuk sampean kurang lebihnya tanya ke Para Ulama agar mendapatkan Ilmu agama yang dapat sampean pakai sebagai bekal menuju suargane Gusti Allah

Wassalam,

Pakde Azemi

Tak Sempat’ke Ngombeng Wedang Jeruk Anget disik Rek !

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s