Malam Turunnya Al-Quran ……………..


Hari ini seluruh Umat Islam di seluruh dunia bergembira, karena tanggal 17 Romadhon adalah hari di turunkannya al quran. Kita sebagai umat Islam tentu saja menyambutnya dengan senang hati, apa jadinya kalo petunjuk itu (alquran) tidak di turunkan oleh gusti Allah melalui Nabi Muhammad saw. Dunia akan menjadi carut marut hingga saat ini.

Ada bebera ayat yang saya kutip dari alquran, sebagai penawar hati kita yang kadang kadang susah untuk di ajak bercengkeramah dengan gusti Allah melalui Alquran, padahal jelas jelas Alquran adalah Kalamullah, Firman, perkataan Gusti Allah, membaca alquran berarti kita berdialog, bercengkeramah dengan gusti Allah.

Pertama :

[20:1] Thaahaa {912}

[20:2] Kami tidak menurunkan Al Qur’an ini kepadamu agar kamu menjadi susah;

[20:3] tetapi sebagai peringatan bagi orang yang takut (kepada Allah),

Dari 3 ayat di atas, kita tentu flash back menghingat sejarah, betapa Alquran, dapat mereposisi otak Umar Ibnu Khattab dari ingin bertemu untuk membunuh nabi Muhammad saw, menjadi membela dan mengikrarkan diri sebagaui muslim sejati. Ini pelajaran yang patut kita catat, baca alquran dapat melembutkan hati, dari yang keras menjadi lembut.

Kedua :

Dengan kitab itulah Allah menunjuki orang-orang yang mengikuti keridhaan-Nya kejalan keselamatan, dan (dengan kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang-orang itu dari gelap gulita kepada cahaya yang  terang benderang dengan seizin-Nya, dan menunjuki mereka kejalan yang lurus.

(Q.S. Al-Maa’idah [5]: 16).

Dari ayat diatas,  memberi pelajaran pada kita, bahwa alquran sebagai petunjuk dan “PELITA” disaat manusia “tersesat jalan”, melalui baca alquran, kita dapat kembali menemukan sejatinya jalan hidup, pelita dan pelipur lara, karena alquran akan memberikan sinyal sinyal dan rambu rambu mana boleh dan mana tidak boleh, mana baik dan mana tidak baik. Garis alquran sudah jelas, karena alquran merupakan wahyu dari Gusti Allah, sehingga tak ada keraguanpun di dalamnya.

Ke Tiga :

Alif, laam raa. (Ini adalah) kitab yang kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.(Q.S. Ibrahim [14]: 1).

Alquran yang diturunkan melalui iibril kepada nabi Muhammad saw untuk diberitakan, diajarkan agar seluruh manusia keluar dari kesengsaraan, keluar dari kebodohan, keluar dari keterbelakangan, manusia mampu memberikan kenikmatan dunia melalui pikirannya.

Ke Empat :

Sesungguhnya Alqur’an ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shaleh bahw bagi mereka ada pahala yang besar, dan sesungguhnya orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, Kami sediakan bagi mereka adzab yang pedih.(Q.S. Al-Israa’ [17]: 9-10).

Dan kami turunkan dari Alqur’an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Alqur’an itu tidaklah menmbah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian. (Q.S. Al-Israa’ [17]: 82).

Dari 2 ayat di atas, maka kita mendapat pelajaran, Alquran itu memberikan kabar gembira pada orang mukmin agar mereka senang hidup di dunia sekaligus seneng juga saat di akherat kelak, alquran sebagai Obat saat manusia sakit hati, penawar rohani manusia, karena membaca alquran berarti kita curhat langsung dengan Gusti Allah yang MAHA PERKASA

Sekian semoga ada manfaatnya

Marilah kita berdoa :

Ya Robb,i Ya Malik, Ya Kuddus, Ya karim

Terangilah hati kami dengan cahaya Alquran

Berilah kami kepandaian dengan ilmu ilmu Alquran

Ya Allah Ya Jabbar, Yaa Azis

Berikanlah kami kelembutan kelembutan rohani seperti yang diajarkan Alquran

Sampaikanlah kelembutan kelembutan itu juga pada orang tua kami, saudara saudara kami, anak cucu kami serta temen temen kami, sehingga merekaselalu di jalan yang kau Ridhoi

Yaa Allah Ya Salam, Ya Hayy, Yaa Qoyyum

Berikan cahaya sinar Alquran saat kami menapaki Sirotol Mustakim,

Berikan kesempatan pertama pada orang tua kami untuk memasuki suarga, sehingga mereka dapat menjemput saya, anak dan cucu2nya di pintu surga.

Berikan kami lentera Alquran, agar kami dapat mencapai suarga saat menapaki sirotol mustakim, jauhkaan kami dari jilatan api neraka.

Ya Ghaffar, Ya  Musawwir, Ya Mutakabbir

Ketika dunia akan menenggelamkan imam kami, cukupkan sinar Alquran, siramilah kelembutan Alquran, nampakkan cahya Alquran kepada kami

Ya Wahhab , Ya Fattah, ya Qahhar

Sayangilah temen temen kami yang selalu setia dengan kami dalam mentadabburi Alquran, sinarilah hati mereka dengan sinar Alquran

Amin…………..

Semoga bermanfaat

Surabaya 27 Agustus 2010

Pakde Azemi

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s