BAYAHA APRIL “MOP”


KEJADIAN YANG SULIT SAYA LUPAKAN..

dua tahun yang lalu tepat 1 APRIL 2009 peristiwa mengerikan itu ku alami, agar tidak menimpa dulur”KU dan PonakanKU semua, mari kita simak catatan saya setahun yang lalu di FORUM sman2bangkalan.sch.id sebagai berikut :

Pernahkah anda mendengar atau melakukan kegiatan ini ?

APRIL MOP sebenarnya adalah olok-olok atau guyonan orang barat untuk memperingati apa? saya nggak ngerti, tetapi ini untuk memberitahukan kepada kerabat, teman atau masyarakat melalui media elektronik, cetak atau apa saja asal pesannya dapat nyampe dengan berita yang HUEBOH menakutkan atau mencemaskan. Baca lebih lanjut

Iklan

catatan abah heri : “KETIKA HATI SEDANG GELISAH”


Anakku, iri hati itu sangat mudah masuk kedalam fikiran kita, bahkan terkadang sangat tidak terasa. Misalnya saja ketika melihat rekan kerja yang masih baru masuk kantor beberapa bulan, tapi sudah dapat fasilitas dan kemudahan kantor yang belum pernah kita peroleh, sehingga muncul perasaan marah kepada atasan. Karena kita diperlakukan tidak adil.

Atau ketika tetangga disebelah sedang membangun rumahnya. Muncul perasaan aneh dan mencurigai sumber dana yang diperoleh sang tetangga, muncullah kata “jangan-jangan” yang akhirnya berkembang menjadi sebuah opini. Apalagi kalau ini dijadikan isu dengan tetangga lainnya.
Baca lebih lanjut

catatan Abdul Azis Setiawan : “Syuhroh (Popularitas)”


Ketenaran (popularitas) memang mahal harganya. Betapa banyak orang yang rela mengorbankan banyak harta benda hanya karena untuk memperoleh ketenaran. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh para penyanyi, ataupun para bintang film. Mereka selalu berusaha tampil beda agar bisa menarik perhatian umat dunia. Bahkan ada yang rela untuk melakukan hal-hal yang aneh dan yang diharamkan oleh Allah hanya untuk memperoleh popularitas (sebagaimana penulis membaca pengakuan seorang wanita yang rela untuk berfoto setengah telanjang -bukan setengah lagi, tapi 90%, karena hanya tersisa beberapa utas benang atau secarik kain yang menutupi tubuhnya, “awas jangan dibayangkan!!”-, padalah dia hanya dibayar sangat rendah. Dia mengaku bahwasanya semua itu agar dia menjadi tenar. Na’udzu billahi min dzalik), yang toh setelah perjuangan dan pengorbanannya tersebut dia belum tentu tersohor. Kalaupun terkenal, toh belum tentu bertahan lama. Namun bagaimanapun popularitas merupakan sesuatu impian yang didambakan oleh banyak manusia (kafir maupun muslim).

  Baca lebih lanjut

Jagalah Shalatmu, Wahai Saudaraku!


Catatan FaceBook Putra juragan :

Tak kenal maka tak sayang. Peribahasa ini nampaknya menjadi sebab utama, kenapa banyak dari kaum muslimin tidak mengerjakan shalat. Tak usah jauh-jauh untuk melaksanakan sholat sunnah, sholat 5 waktu yang wajib saja mereka tidak kerjakan padahal cukup 10 menit waktu yang diperlukan untuk melaksanakan shalat dengan khusyuk. Bukan sesuatu yang mengherankan, banyak kaum muslimin bekerja banting tulang sejak matahari terbit hingga terbenam. Pertanyaannya, kenapa mereka melakukan hal itu? Karena mereka mengetahui bahwa hidup perlu makan, makan perlu uang, dan uang hanya didapat jika bekerja. Karena mereka mengetahui keutamaan bekerja keras, maka mereka pun melakukannya. Oleh karena itu, dalam note singkat ini, kami akan mengemukakan pembahasan keutamaan shalat lima waktu dan hukum meninggalkannya. Semoga dengan note  ini dapat memotivasi kaum muslimin sekalian untuk selalu memperhatikan rukun Islam yang teramat mulia ini.

Baca lebih lanjut

Doaku untuk teman temanku Blogger


Bismillahirrahmanirrahim…

Ya Allah..

panjangkanlah umur sahabatku,kurniakanlah kesihatan yang baik padanya, terangi hatinya dengan nur pancaran iman..

Ya Allah..

tetapkanlah hatinya, perluaskanlah rezekinya, dekatkanlah

hatinya kepada kebaikan, jauhkanlah hatinya pada kejahatan, tunaikanlah

hajatnya baik hajat dalam agama,dunia dan akhirat…

Baca lebih lanjut

keHilangan “SEMANGKA” malah mendapat “MELON”


Jumatan ketemu mualaf….

ilustrasi

ilustrasi

Wajahnya bersih putih, mata sipit tapi diberi celak, sepintas mirip suku banjar kalimantan, saat ngobrol di beranda masjid setelah sholat jumat, kenalan, namanya pery sundap (nama samaran), ternyata ia dari etnis tionghoa. Walaahhhh mas pery, tak pikir sampean orang banjar dari ampel, tibake sampean keturunan tionghoa dari singkawang toh, hee pakde kecele yooo, mergane sampean pake celak kuwih manglingi.

Dalam perbincangan dengan mas pery, terungkap bahwa sebenarnya ia jadi mualaf karena saat itu nuruti pacarnya yang memaksa dirinya kudu islam, bila pengen terus pacaran, sebab menurutnya orang tua pacarnya ga mau punya menantu bukan beragama islam, atau kawin beda agama, saya harus berjuang belajar agama islam selama 2 tahun, agar bener bener menjadi pemeluk islam yang baik, saya baca buku2 tentang islam, saya belajar membaca alquran pada kiyai kampung deket kos kosan saya, sebelum saya masuk islam. Setelah saya paham bener tentang islam dan saya mantap untuk menjadi mualaf, maka saya putuskan untuk ikrar dengan membaca dua kalimat sahadah di sebuah masjid yang cukup benar di kota ini, setelah sholat jumat, tentu saja disaksikan banyak orang, ini memang saya sengaja, agar saya banyak dipersaksikan, sehingga untuk kembali ke agama awal saya jadi mikir mikir (maksud saya, pindah agama bukan hal main main, karena penuh rintangan). Baca lebih lanjut

Repleksi diri…..


Note ini saya buat bukan untuk menyombongkan diri, namun hanya sekedar sharing dalam memberikan pembelajaran pada siapa saja yang mau dan bisa melakukan kenapa tidak kita lakukan, note ini juga bukan sekedar ALLAY atau LEBAY kata nag nag sekarang, namun saya hanya pengen berbagi pengalaman, siapa saja bisa lakukan, semoga……..

ULTAH putriku kali ini bener bener berkesan, karena permintaannya kok yoo aneh, persis seperti kata bapakku :  “azemi, bila kamu selamatan, jangan lupa ditengah tengahnya ada orang miskin, kau akan melihat senyum yang paling tulus adalah senyum orang miskin saat mereka kau jamu dengan kenikmatan ikhlasmu”.

Saat libur besar perayaan nyepi sabtu 5/3/11, kota surabaya bener bener sepi, jalanan sepi, listrik padam, bakulan juga pada libur, bakul sayur dan pengemudi becak, sopir angkot semua pada libur, kata mereka takut sepi pakde, mending libur sekalian untuk meluruskan otot yang sudah telanjur kaku.
Baca lebih lanjut