budaya jawa


Saat resepsi perkawinan anak-ku, pake adat awa yakni melempar isterinya, sebelum anak saya melempar saya bisiki, : mas kamu itu lelaki jangan suka melempar isterimu, itu tanda kamu tak setia pada isteri, lakukan isterimu dengan baik dan santun agar dia baik dan santun pada dirimu, kata anakku pas gimana pak ?, yaaa lakukan tangan kamu dari bawah ke atas bukan lurus pada muka isterimu, biarkan ist

erimu berani lakukan itu, tapi, dengan kelembutan kamu, insya’ allah dia akan manut pada dirimu kelak, ayoo sekarang lempar, seperti kamu kasih bola pada kawan dekat kamu, ayunkan tangan dari bawah ke atas . . . . .

semoga adat itu tak berkonotasi sepasang manten itu kelak akan LEMPAR LEMPARAN PIRING, palagi melayan gnya tangan ke pipi masing masing jadi bentol . . .

repleksi JUMATAN

Iklan

ZDUL QO’DAH Orang Jawa NYEBUT BULAN SELO


dzul qo’dah, bulan selo, selo bulan seselane olo

Note ini semata mata menjawab pertanyaan tetangga, tentang bulan SELO kenapa orang tak mau menikahkan putra putrinya, pertanyaan :  “menurut pakde Gimana ?”

Perlunya kita sebagai umat islam senantiasa berpegang pada ajaran Islam yang benar  dan sempurna, seperti yang terdapat dalam al quran surat   Al-Baqarah [2]: 208-209

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam secara keseluruhannya, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu.

Bulan DzuL Qo’dah yaitu bulan antara (ditengah) Syawal dan dzul Hijjah kata orang jawa antara syawal dan besar, orang jawa menyebut dengan bulam SELO (kesesel barang olo/kemasukan barang yang jelek). Baca lebih lanjut

SALES salah SASARAN


sales : selamat siang bapak ?
aq : selamat siang juga . . .
sales : bisa bicara sebentar ngga bapak ?
aq : ohh bisa bisa, silahkan, di teras aja yaaa
sales : oya ga papa bapak, makasih !
aq : ada apa yaaa . . ?
sales : begini bapak, bapak mendapat hadiah dari perusahaan kami !
aq : kan saya belum pernah di konfirmasi, perusahaan anda
sales : lhaaa karena itu bapak, hadiah saya serahkan langsung sekarang untuk bapak ?
aq : ohh gitu yaaaa, mana hadiahnya ?
sales :, begini bapak, bapak harus menjawab pertanyaan2 kami dahulu !
aq : silahkan saja, asal hadiahnya bisa saya terima
sales : tentu !
aq : apa pertanyaannya
sales : sabar yaaa bapak, saya ambilkan pertanyaannya (sambil membuka tas tentengnya)
aq : iyaaa monggo
sales : berapa rupiah bapak harus membayar rekening listrik dalam sebulan ?
aq : yaaa tak banyak,. paling besar 800an ribu
sales : apakah bapak keberatan dengan tagihan rekening listrik tersebut ?
aq : ngga’lah kan itu sesuai dengan pemakaian sebulan
sales : apakah bapak pengen tagihan tiap bulan bisa berkurang ?
aq : maksudnya ?
sales : pemakaian tetep, tetapi tagihan rekening lebih murah 30 persen
aq : waahhh itu ga bener, itu namanya pencurian
sales : bukan pencurian bapak, tapi mempergunakan alat ini (hadiah untuk bapak), menghemat tagihan rekening listrik
aq : (dalam hati) saya katakan ini ga bener, pasti harus membeli
sales : bapak, kok melamun ?, gimana mau ngga; ?
aq : ngga’ ga mau ?
sales : kok ga mau, kan lumayan untuk bayar kuliah anak bapak
aq : anak saya sudah selesaai k,uliah semuanya
sales : bisa juga untuk beli pulsa
aq : pulsa sudah diberi gratis dari kantor isteri saya
sales : kalo begitu untuk beli sembako
aq : mbak, kalo akhirnya saya harus membeli alat tersebut maapkan saya yaaa, saya ga punya duit untuk membeli alat tersebut
sales : ga mahal bapak, cuman 400ribu saja, bapak kan bisa pake ngirit selamanya
aq : untuk apa saya harus ngirit listrik, kalo listri rumah ini dibayari kantor ?, kan ga ada gunanya
sales : gitu yaaa bapak ?
aq : gimana jadi ngga saya diberi HADIAH ?
TANPA PAMIT SALES langsung ngeluyur keluar rumah……

aq ketawa ketiwi sendiri melihat sales yang ke sekian ga berhasil merayu TUKANG GOMBAL (pakde azmi)
pakde azmi
bangun tidur karena pagar di ketok2 sales

SALING BANTAH


murid : bapak maap saya belum mengerjakan PRx
guru : kenapa ?
murid : saya ngantug tadi malam, pak !
guru : lhoo kenapa kok ngantug ?
murid : yaaa ga tahu, tanya mata saya aja pak !
guru : kok gitu ?
murid : kenapa pak, emang masalah buat LOU ?
guru : ohhh murid gebleg, ditanya malah ngeSOIMAH . . . wes sana pergi jangan kembali yaa sebelum pohon depan sekolahan roboh !

murid : kok gitu ?
guru : kenapa masalah buat LOU ?

wkwkwkwkwkwk

guru dan murid podo NgeSOMAH

JANGAN remehkan ORANG LAIN


orang yang suka membangga banggakan etnis dan merendahkan etnis lain atau terlalu bangga dengan budayanya menganggap lebih bagus dari yang lain, sedangkan yang lain dianggap tak pantas.
ORANG atau ETNIS seperti ini pastikan “PENGIKUT MAZHAB IBLIS”,
Perhatikan ayat dibawah:

Quran surat Al A ‘ raf ayat 12,”Dan Allah berfirman,” Apa yang menyebabkan kamu tidak mau bersujud kepada Adam, ketika Aku perintahkan? “Iblis menjawab,” Aku lebih baik dari dia (Adam); engkau ciptakan aku dari api sedangkan dia (Adam) Engkau ciptakan dari tanah ” menurut Gusti Allah jelas dalam ayat dibawah: Ya ‘Ayyuha An-Nasu’ Inna Khalaqnakum Min Dhakarin Wa Untha wa Ja’alnakum Shu’ubaan Lita ‘Arafu’ Inna Akramakum Inda Allah ‘Atqakum’ Inna Allaha ‘Alimun Khabirun (al hujuurat ayat 13)

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Manusia berharga dihadapa Gusti ALlah bukan karena cerdas, bagus kulitnya, gantrng cantik , sugih, tetapi dihargai karna sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah adalah orang yang paling taqwa diantara kamu.

Selamat pagi dulur jangan sombong klarena ETNIS kita lebih BAGUS kmulit kita lebih bening, otak kita lebih cerdas, punya segalanya BUKAN itu KATA GUSTI ALLAH ….

Pakde Azmi
menanti Dhuha @ sajadah,

Di negeri Om Pim Pa – – –


Pedagang dan pemerintahan dari negeri Spanyol, Portugis, Belanda, Arab, India, Cina  datang ke negeri ini karena mereka tergiur rempah2 awalnya, kemudian karet, aspal, tembakau, Minyak bumi, terakhir giliran Emas dan spesiesnya pengen mereka jarah melalui tangan INLANDER (pribumi).

 

Setelah Negeri Om Pim Pa Merdeka, perebutan kekuasaan mulai menghinggapi para INLANDER yang dulu nenek moyang mereka sebagai ROMUSHA (pekerja rodi), kini anak cucunya menduduki jabatan jabatan penting ?.

Dulu eyang eyang mereka selalu kasih nasehat : anak anakku, apabila bapakmu tak dapat meneruskan perjauangan ini lanjutkan, jangan kau nodai perjuangan kawan kawan bapakmu, bantulah saudara negerimu, jangan kau biarkan mereka miskin, usahakan semua dapat jatah makan, karena negeri ini makmur!

Rupanya kata kata eyangnya tak sampai pada dirinya, karena bapaknya tak pernah menasehati seperti eyangnya menasehati bapak bapak mereka !

Baca lebih lanjut

Negeri Om Pim Pa


TvOne berita siang INDONESIA defisit AIR = masa ‘Allah negeri Om Pim Pa kata orang negeri gemah ripah loh jinawi, kata banyak orang negeri ibarat sepihan surga yang jatuh ke bumi, sekarang negeri ini KEKUARANGAN AIR OPO TUMON?

NEGERI ARAB SAUDI kata orang negeri MISKIN AIR – sekarang saja bisa surplus AER ga percaya? kalo ente ke JEDDAH di tepi LAUT MERAH ente melihat TOWER tinggi besar itu adalah penyulingan AER LAUT menjadi sulingan pertama untuk aer kemasan, suliingan kedua untuk aer rumah tangga dan hotel / apartemen, sulingan ketiga untuk aer TAMAN.

kenapa negeri bisa kehabisan AER?
Padahal saat hujan BANJIR kemana mana, setelah itu KEMANA aer AER tersebut? kenapa ga kita kelola sehingga akan ke masa depan.

Kenama ente TUKANG2/INSNYUR – ga bisakah ente berbuat untuk negeri ini?

ada yang urun rembug?