Renungan Ramadhan


Kata pak ustad
Puasa kita sudah memasuki sepertiga ke dua, apakah puasa kita seperti kata kanjeng nabi Muhammad saw : “Sumu tasihu” – Berpuasalah kamu agar sehat,
Apakah penyakit lahir kita sudah sembuh ? kalo sebelum puasa darah tingginya naek, apakah sekarang stabil (normal) ?, bagaimana yang kena diabetes, cholesterol, asam urat, apakah setelah sepuluh hari ini, penyakit” tersebut menjauh ? atau masih tetap saja, atau bahkan yang tadinya normal sekarang justru kena asam urat, cholesterol atau darah tinggi, bahkan diabetes ? – bila jawabannya iya, maka perlu dipertanyakan puasanya.
Tirulah kanjeng nabi bila makan :
* Makan ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang.
Sedangkan Allah SWT. Menyatakan dalam surat Al-A’rof ayat 31 “ kuluu wasrobu wala tusrifu innahu la yuhibul musrifin” artinya: makan dan minumlah tetapi jangan berlebihan, sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”.

Disamping itu apakah kita juga sehat rohani, setelah 10 hari berpuasa ?
Karena dalam puasa melatih untuk tidak kena penyakit rohani misalnya menghibah, bohong, hasut, dengsi, fitnah, korupsi,
Bila semua itu masih ada, maka puasa kita dipertanyakan, Rasulullah SAW bersabda, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut, kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thabraniy).

DULUR mumpung bulan penuh dengan catatan catatan kebaikan yang dilipat gandakan, maka mari kita jaga puasa kita agar ada hasilnya selama 1 bulan penuh. Tanpa waspada dari diri sendiri, insya allah kita hanya sia sia menjalankan “ibadah besar” ini.
Eman eman kalo kita sampai akhir ramadhon, masih tak memiliki perubahan dalam berperilaku seperti sebelum kita menjalankan ibadah besar ini.

Semoga ada manfaatnya

Pakde azmi

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s