Nduk, apa yg kamu lihat


“Nduk, apa yg kamu lihat”
“Mbah, lihat perahu ITU”
“Ya mana”
“Itu yg hampir tenggelam itu”
“apa yg kamu tahu tentang perahu itu”
“Tadi waktu aku jalan menelusuri pantai, aku ketemu sm yg punya perahu. Aku tanya kenapa kok perahunya tenggelam, bpk itu bilang, bocornya sdh terlalu banyak, dan bpk itu juga bilang, krn bocornya kecil kecil jadi sulit u di tambalnya”
“Oo, begitu…”
“Aku jadi kepikiran negara kita Mbah”

“Apa hubungannya”
“Iyya, kalau keuangan negara, terus menerus mengalami. Kebocoran di sana sini…bisa tenggelam kan mbah”
“Walah….pagi pagi kok sdg pikir negara tow nduk”
“Aku nanti kalau besar mau sekolah politik”
“La untuk apa”
“Ya biar aku tahu, gimana carananya negara itu di atur”
“Apa tidak lebih baik, sekolah untuk menjadi rakyat yang baik”
“Ya enggaklah mbah…kalau jd rakyat suaranya kecil soalnya tdk punya kekuasaan”
“La kalau suaranya cuma satu, kalau sekampung, kalau sekota atau senegera rak yo banyak tow”
“Iya ya…”
“Nduk, yng penting jadi pribadi yg baik…dan ajak sesamamu berbuat baik”
“Hemm….tapi aku pengen punya tonggat kekuasaan mbah, biar bisa nggebukin yg salah git”
“Hus! Ra pareng geitu.itu namanya galaks! Orang galak itu tdk ada temannya…”
Ach…sebel!…mbah enggak ngerti …
“Lo…kok merengut begitu”

“Abis aku sebel lihat nya, banyak banged masalah negara ini”
“Nduk, jadi pemimpin itu tdk mudah, selain harus pandai, bepengetahuan juga harus terampil…selain itu, juga harus memiliki tata krama dalam memimpin, harus memiliki kesantunan diri,…sebelum memimpin orang lain pemimpin itu harus juga bisa memimpin dirinya sendiri”
“Mbah..”
“Ya nduk”
“Aku. Tambah pusing”
“Ya sudah sana …. Berenang lagi…biar lega pikiranmu…kamu pusing karena sebel kan…”
“Iya sich”
“Hehe…mbah ngerti ajah…”
” ………”

26 Maret 2015 pukul 8:08

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

