cara mudah menanam bibit anggrek


Happy Weekend
cara mudah menanam bibit anggrek dari Botol versi saya

pecinta anggrekpecinta anggrekAnggrek merupakan tanaman berbunga yang berpotensi sebagai tanaman hias. Namun kondisinya saat ini cukup memprihatinkan terkait kelestariannya di habitat aslinya. Berbagai ancaman baik alam ataupun manusia bisa mengurangi populasinya bahkan menyebabkan kepunahan. Sehingga upaya pemerintah dan instasi swasta lainnya sangat diperlukan dalam hal pelestarian baik secara in situ (dihabitat asliny) maupun eks-situ (diluar habitatnya). Salah satu upaya pelestarian yang cukup efektif saat ini adalah secara eks-situ yaitu melestarikan diluar habitat aslinya, melalui pengembangan bibit menggunakan metode kultur biji/kultur jaringan di dalam laboratorium. Hasilnya yang didapat juga sangat bagus dan jumlah yang didapat bisa banyak dan seragam. Sehingga diharapkan melalui perbanyakan skala laboratorium, dapat memenuhi kebutuhan pasar tanaman hias dan siapapun yang ingin memiliki tumbuhan cantik ini tanpa harus mengambilnya di hutan.
Lalu siapa bilang merawat bibit anggrek botolan susah? Seni dan suka duka nya menjadi tantangan tersendiri bagi yang benar2 Pecinta Anggrek sejati.

berikut cara saya dalam menangani bibit anggrek botolan *note = tiap orang punya teori dalam penangan dengan berbagai versi masing2)

yang pertama dan paling penting, pilihlah jenis yang bisa adaptasi dilingkungan rumah kita. Beberapa jenis ada yang hanya bisa tumbuh bagus dan berbunga di tempat tertentu. Semisal, anggrek dataran tinggi, tidak dianjurkan untuk ditanam di dataran rendah, bisa tumbuh tapi sulit berbunga.

1. Buka tutup botolnya
2. Masukan air keran ke dalam botol kira2 setengah volume botol
3. Tutup kembali botolnya, dan kocok perlahan utk mengoyakkan agar nya
4. Buka tutup botol, dan keluarkan bibit anggreknya perlahan.
5. Siapkan wadah semisal mangkok / baskom kecil, isi air bersih, dan berikan Detol Cair atau Byclean Pemutih, dengan takaran setengah sendok teh detol/byclean ke 1 liter air
6. Bersihkan bibit dari agar yang menempel, menggunakan air keran yang mengalir
7. Anggrek yang sudah yakin bersih dari Agar, rendam ke larutan detol/byclean tadi , kira2 10-15 menit
8. Sisihkan bibit anggrek di koran atau wadah lain utk dikering anginkan, (kalau mau cepat, bisa juga sodorkan kipas angin ke bibit anggreknya)
9. Siapkan media tanamnya, untuk anggrek epifit (anggrek yang menempel di pohon) menggunakan media lempeng pakis . Sedangkan anggrek terestrial (anggrek tanah) , menggunakan sekam bakar
10. Siapkan juga vitamin perangsangnya, vitamin B1 khusus tanaman merk Liquinox atau B1 tablet IPI yg ada di apotik
11. Jika anggrek sudah kering angin, tanam di media, dan posisi tanamnya menyesuaikan cara tumbuhnya di alamnya. Misal pada anggrek Phalaenopsis , anggrek Paraphalaenopsis posisi daunnya menjuntai kebawah. Utk jenis Vanda posisi daun tegak / ke atas.
12. Cara tanamnya, beri sedikit lumut atau akar kadaka di sekitaran perakarannya,, lalu ikat dengan tali rapiah / kawat , saya lebih suka tali rapiah, karena kalau nanti akar sudah melekat erat, saya gunting tali rapiahnya dan itu akan membuat tampilan tumbuhnya terkesan alami
13. Semprot anggreknya dengan sprayer, pagi dan sore
14. Simpan anggrek di tempat teduh seperti teras , dengan sirkulasi udara yang bagus. Jangan lupa tata yang rapih ya.
15. Berikan vitamin B1 , utk yang merk Liquinox, saya gunakan setengah sendok teh per liter air , saya semprotkan tiap hari sampai keluar akar baru. Kalau akar sudah keluar, pemberian vitamin b1 dikurangi yaitu menjadi 1 x seminggu. Khusus B1 tablet IPI, setengah tablet larutkan ke 1 liter air.
16. Berikan pupuk NPK merk Growmore/hyponex/gandasil, dengan kadar N tinggi, atau NPK seimbang , seminggu sekali , takaran juga setengah sendok teh per liter air.
17. Beri juga label nama, tulis tanggal tanam dan nama jenisnya, agar tidak lupa kalau nanti ada tetangga yang bertanya mengenai koleksi kita grin emotikon
18. paling penting juga, berdoa kepada Tuhan dan ajaklah berbicara secara batin koleksi anggrek kita. Disitulah akan membuat pertumbuhan koleksi anggrek kita akan semakin bagus

sekian dan terima kasih
hanya cara sederhana versi saya
mohon maaf kepada para Senior saya apabila ada cara yang menyimpang dalam penanganan anggrek botolan

Salam Lestari
Dunia Anggrek tak pernah pudar
silakan di share
semoga bermanfaat
Baca selengkapnya…
sumber : https://www.facebook.com/photo.php?fbid=10205331391139672&set=gm.10153355182294779&type=3&theater

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s