oleh oleh jumatan


kata pak khotib : ada berapa hal menyebabkan orang malas beribadah antara lain :
1. karena godaan setan : setan menggoda manusia untuk malas beriobadah dari arah mana saja depan, belakang, bawah kecuali atas ada Allah, dengan cara apa saja, baik halus maupun kasar, agar manusia terjerumus untuk meninggal ibadah kepada Allah, perhatikan saja saat adzan. apakah kita bergegas ke masjid (khusus laki2), itu slah satu cara setan mengalohkan keinginan kita agar malas ibadah dengan menunda nunda

2. karena harta : harta mampu melemahkan hati kita untuk bergegas menjalankan ibadah atau melakukan kebaikan, karena kecenderungan manusia, sangat cinta pada harta, takut berkurangt bila zakat, sedekah, takut orang selalu minta pada dirinya, padahal gusti Alah sudah menjamin, setiap harta yang disedekahkan akan diganti dengan tujuh ratus kebaikan, apakah kita gak yakin kalo yang bicara pemilik jagad ini ? kLO jawabannya iya, artinya kita lemah iman.

3. karena makhluk, : bisa teman, atasan, anak isteri atau sodara, pada atasan kadang kita ketaakutan melebihi takutnya diri kita pada Gusti Allah, sedang anak dan isteri sudah jelas dsalam al quran di jelaskan :
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka), maka sungguh, Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lah pahala yang besar. Maka bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu dan dengarlah serta taatlah dan nafkahkanlah nafkah yang baik untuk dirimu, dan barangsiapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung. Jika kamu meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya Allah melipatgandakan balasannya kepadamu dan mengampuni kamu, dan Allah Maha Pembalas Jasa lagi Maha Penyantun. Yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (QS. At-Taghaabun: 14-18).

4.karena napsu : napsu yang tak terkendali, bisa menjerumuskan manusia untuk ingkar pada gusti Allah, mreka lupa sesungguhnya
napsu manusia dibedakan dalam tiga kategori :
1. Nafsu Ammarah Bissu’
2. Nafsu Lawwamah.
3. Nafsu Mutmainnah

Nafsu Ammarah Bissu’
====================
Nafsu ini sangat berbahaya apabila melekat pada diri seseorang manusia sebab ia suka mengarahkan manusia kepada perbuatan dan perilaku yang dilarang agama.
Firman Allah S.W.T. maksudnya : “Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), kerana sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”
(Surah Yusuf ayat 53).

Nafsu Lawwamah.
===============
Nafsu ini adalah nafsu yang sudah mengenal baik dan buruk. Nafsu tercela kerana kelalaian tuannya melaksanakan peraturan-peraturan Allah. ini di perbolehka karena mengareah pada kebaikan
Nafsu Mutmainnah
=================
Nafsu ini adalah nafsu yang membuat pemiliknya tenang dalam ketaatan. Nafsu ini telah mendapat rahmat Allah S.W.T. dan manusia yang mendapatkan nafsu ini akan mendapat reda Allah S.W.T. di dunia dan akhirat. Orang ini akan mendapat “husnul Khatimah” di akhir hidupnya sebagai pintu menuju syurga Allah SWT.
semoga bermafaat

Iklan

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s