KataBapakku


==================================
kata bapakku : “azmi, hangatkan hatimu, jangan kau panaskan, karena panas hati bisa jadi kufur nikmat . . . .
==================================
kata bapakku : “azmi, saat rejeki itu di gerojok diberikan berlebih lebihan), saat itu pertaruhan hati dan kesukuran dari dirinya, apabila dia mengatakan… aduhhh capek banget siang sore malam… sampe pagi belum sempat istiurahat da berangkat lagi !, nah saat itu gusti Allah pelan pelan mengambil kenikmatan yang diberikan !”.
– kenapa pak ?
karena dirinya sudah gak sanggup dan kehilangan kesukuran,…
bila kamu mengalami seperti itu….. perbanyak sedekah kalo perlu berikan semua….. kalo bener2 kenikmatan itu tercerabut, kamu masih punya tabungan akherat, tapi perbanyak sedekah menambah banyak rejeki yang datang….. tapi banyak sedekah mempercepat datangnya rejeki (ditambah), maka kamu mendapat dua keuntungan dunia dapat akherat ada tabungannya…
#terimaKasih_BapakKalimat2mu_manfaatdihariTUAku
semoga kuburmu padang, tidurmu nyenyak hingga dibangkitkan kembali . . . .
amiin

===============================

kata bapakku : “azmi , Cintailah bapak dan ibumu, melebihi cintamu pada duniamu, jangan menyesali setelah keduanya meninggal, kewajibanmu masih utuh bila kau masih mencintai sisa sisa keluarga kedua orang tuamu…..
==============================
kata bapakku : Azmi  . . . . . .
kemarahanmu, membuat musuh2mu merayakan kemenangan…
bila kita bisa senyum, musuh2mu makin sakit hati dan mencari celah yang tak mungkin dia temukan, karena kita selalu senyum no reken ! . . . . . .
==============================
kata bapakku : azmi , camkan iki yoooo 
seratus orang masih kurang mendorong lokomotip, namun satu hati bisa menjalankan lokomotip………………..
semua kesulitan hanya bisa diatasi dengan hati bukan kekuatan . . .
==============================
kata bapakku: azmi, camkan ini, Beribadah semua orang bisa lakukan, tapi memetik hasil ibadah, tak semua orang akan dapatkan…. mulane kudu pinter dalam beragama
==============================
kata bapakku : azmi, … 
Ketika kita memberi, kita belajar ketulusan –
Ketika kita gagal kita belajar kesabaran.
Belajarlah keduanya agar suksesmu barokah !
================================
kata bapakku ; “azmi, semua kesulitan selalu di akhiri dengan kebahagiaan, karena itu jalan takut dengan kesulitan !”.
=================================
kata bapakku : “azmi, jangan dirimu suka menghitung hitung apa yang telah kamu berikan, tetapi hitunglah apa yang telah kamu terima”.
=================================
kata bapakku : azmi, jangan kamu iri melihat kekayaan/rezeki orang lain.
Tanpa kamu tau bagaimana sebenarnya, cara mereka mendapatkan, mungkin kamu gak sanggup.
Makin banyak harta yg kamu miliki, makin besar biaya yg kamu harus tanggung, baik yg kamu rencanakan maupun tak di sangka sangka.
================================
Kata bapakq : Azmi, Kebutuhan manusia hanya sedikit, “tetapi manusia boleh mendapatkan lebih dari kebutuhannya, agar bisa bantu orang yg kurang beruntung !, bukan untuk senang2 dirinya, paham ?”
=================================
Kata bapak-ku : “azmi , kebiasaan kurang baik sering2 #tukarUangReceh ! – pertanda pelit”.  
==================================
kata bapakq : “azmi, urip iku cuma sak kedepan moto, di banding urip abadi nang jerohne suwargo….mulane ndang tobato, ndang hijrah, tinggalen kesenengan dunyo….
==================================
Kata bapakku : azmi, MAWAR itu indah tapi sayangnya berduri. kata seperti ini membuat kita sering merasa takut untuk memetik bunga mawar. Untuk memetik kebahagiaan dan kesuksesan yang bisa kita raih. Meski berduri tapi berbunga mawar yang indah.
=============================
pesan bapakku : “azmi ! , bila KAPAL gede berlayar, perahu kecil akan kena imbas ombaknya”
pikirkan jika kamu jadi orang kecil !, maka berubahlah dengan doa dan ikhtiar agar tidak terus menjadi kecil . . . .=============================
pesan bapakku : “azmi, saat bapak kelak meninggal dunia (kapundut bahasa beliau), jangan kamu menangis yaaa, karena bapakmu sudah bahagia akan dekat dengan Gusti Allah”.
Yaa Allah ya rahman, kenapa pagi ini justru aku menangis, ingat perkataan bapakku . . . . ya Allah dekaplah bapak dan ibuku dengan kasih sayang rahmadMU, jangan sedikitpun kau lepaskan rahmadMU, atas kedua orang tuaku, amiin yra‪#‎mewek_gakTAHUkenapa‬
===============================
 Kata bapakku : “azmi, Jangan sampai kita terjebak pada permainan dunia, sesungguhnya kita hidup di dunia ini untuk memperoleh keabadian di akherat kelak.
Jgn sia siakan hidup di dunia dg penghambaan se rendah2nya pada sang kholiq, untuk mendapat ridhoNYA memasuki surgaNYA.
===============================
Kata bapaku : “azmi, Seseorang hanya butuh sedikit apa yg diperlukan, gusti Allah sudah memberi yg dibutuhkan, hanya pikiran manusia yg membuat ingin berlebihan
====================
Kata bapaku : “azmi, tak mesti kebaikan yang kita tanam akan berbuah kebaikan, ibaratnya kalo kita tergesah gesah memanen tanaman justru yg kita dapat buah yg belum matang….. untuk mendapatkan buah yg manis dan matang, perlu waktu dan sabar……
#pelajaran_DARI_bapakku
 
pendapat ENTE apa dulur 
================================================================================
kata bapakku : ngumpul dengan wong cilik tak akan menjadikan diri kita menjadi kecil juga, malah kita nampak seperti besar diantara mereka, disamping itu, kita bisa introspeksi diri dan bersyukur pada Gusti Allah”.
================================================================================
Kata bapakku : azmi ; “hidup ini jangan hanya pengen yang enak2 saja, sebab yang gak enak akan kita dapatkan juga, yang pait pait itu kadang menjadi obat bagi kita, sedang yang enak enak itu kadang jadi penyakit untuk diri kita”
================================================================================
Kata bapakq: azmi, kalo kamu sudah sanggup membeli barang,
maka kamu harus sanggup dan tau sifat barang….
yaitu rusak dan hilang, karena benda tak abadi, yang abadi hanya GUSTI ALLAH
Bila suatu saat barang yang kamu sukai itu rusak atau hilang, itu adalah sudah sifat nya, jangan di sesali…..
Agar kamu ga mengangungkan benda yang sifatnya sementara…. ikut pada diri kita…..
========================================================================================
kata bapakku : azmi eling elingen asale belahi kuwi asale soko lali (celaka itu asalnya dari kurang kesadaran)
================================================================================
Kata bapakku: azmi, berangkat Haji atau Umroh itu ANGEL (sulit ), AWES (mahal), & ABOT (berat)
Karena sulit mahal dan berat, maka kamu harus sabar dalam menjalankannya.
Iyaa bapak suwun nasehate
=================================================================
Kata bapakku: azmi lakukan yang ini, agar uripmu mulyo (hidupmu mulya)
Melawan marah dengan dzikir
Melawan ngantuk dgn wuduh
Melawan malas dengan sholat
Melawan maksiat dengan tobat
 
==================================================
kata bapakku : Azmi, berkata santun menyenangkan lawan bicara, tak sulit dan ringan, sedang berbicara kasar menyakitkan lawan bicara, perlu energi dan menyesakkan qolbu 
==================================================

kata bapakku : jangan kau ingin meraih matahari karena kau ingin terangnya, biyarlah itu untuk banyak orang – bila kau paksakan, dirimu bisa gosong (cedera) sendiri …

DULUR apakah ENTE mengerti makna dari kata kata itu ?

yoo mikiro dewe dewe . . .

===================================================

Kata bapakku : azmi, Kebahagiaan hanya bisa diraih dengan kecersan, karena belajarlah di jalan, di sekolah, saat pertemana

===================================================

pesen bapakku : azmi, menangislah bila pengen menangis, tapi jangan kau tertawa bila pengen tertawa, cukupkan dengan tersenyum saja, . . . .

=========================================================

waktu bapakq marah : ” azmi jangan kau sakiti dirimu dengan sesuatu yang kamu suka saja, sakitilah dirimu dengan sesuatu yang kamu ga suka”.
ternyata kalimat yang “ga kamu suka” sekarang aku temukan = yaitu obat dan madep gusti Allah (jok lali marang sangkan paraning dumadi).

====================================================

kata bapak : jangan minta minta, jangan harap harap, karena minta minta dan harap harap – belum tentu dapat, ikhtiar dan pasrahkan kepada gusti Allah dengan ikhlas, semua akan datang tanpa anda minta.

“dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka – sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah SWT niscaya Allah SWT akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang dikehendakiNya. Sesungguhnya Allah SWT telah mengadakan ketentuan bagi tiap tiap sesuatu.” (QS 65:3 )

==========================================================

kata bapaqku : azemi, didunia ini ada surga, kamu akan dapat memasuki surga di akherat, apabila kamu dapat menikmati surga di dunia ini.
misalnya : apakah kamu merasakan nikmatnya saat mengaji, saat sedekah, saat sholat, saat puasa. apabila kamu merasakan nikmatnya itu semua, maka tiket surga sudah kamu miliki.
===========================================================

Kata bapakq : “azmi, belajarlah seperti sifat tangan kamu yang kanan dan kiri tak pernah iri dalam menerima takdir ILAHI (nerimo ing pandum). Tangan kanan selalu mendapat giliran yang enak enak, makan pakai tangan kanan, terima gaji pake tangan kanan, salaman pake tangan kanan. Giliran yang gak enak enak kok tangan kiri, membersihkan puph pake tangan kiri, tetapi karena kesabaran tangan kiri saat Tunangan kok di sematkan di tangan kiri, itulah Gusti Allah tak pernah menyianyiakan ciptaanNYA.

======================================================

pesan bapakq : azmi, sing sabar yoo, urip iki akeh cobane, urip iki akeh susahe, yen awakmu isok ngelakoni sabar, mburine bakal uripmu mulyo

======================================================

kata bapakku : azmi, wong becik iku wong sing lakune nerimo ing pandum, nanging makaryo gawe ikhtiar supoyo entuk rejekine Gusti Allah.

======================================================

kata bapakku : azemi, jangan kamu seneng melihat kekayaan orang lain tanpa kita tahu bagaimana sebenanrnya mereka berada dalam rumah mereka, menilai luarnya saja kadang kita akan kecewa setelah kita mendapatkan seperti yang mereka dapatkan, punya mobil seperti mereka setelah kita punya malah berantem dengan anak karena di pinjem terus anak kita, =======================================================

pesan bapakku : azemi, berbicaralah dengan bahasa santun.
sebagus apapun dunia yg kau miliki, setinggi apapun pndidikan yang kau tempuh, bila bicaramu kasar dan nampak otot lehermu, maka kau lebih rendah dari manusia setengah hewan.
bagaimana pendapat ente DULUR-ku?

==========================================================
kata bapak-q : “azemi, orang sukses itu ialah orang lahir batinnya sudah dipasrahkan pada gusti Allah, ga takut gagal karena ada gusti Allah, ga takut sakit karena ada gusti Allah, ga takut kaya/miskin karena ada gusti Allah.
semua sudah dipasrahkan pada Guasti Allah sebagai pemilik dan penentu”. apakah anda termasuk orang yang sukses . . .

=======================================================================

kata bapakq- : “azemi, tidak semua orang yang senyum itu bahagia, juga tidak semua yang menangis itu sedih, karena itu, perhatikan dahulu kenapa mereka itu, agar kamu tak kecewa saat membantu artinya bantuan kamu itu memang di perlukan diri mereka”.

=======================================================================

kata bapak-ku : azemi, cinta itu datang seperti ular kadang gigit, kadang pengen di elus elus, membingungkan, kadang menggemaskan pengen gendong terus”

gimana pendapat ente SOB ?

=========================================================================

inget kata bapak-q : “azemi, belajarlah bersedekah dengan melihat cara wong cilik bersedekah, mereka tak pernah berfikir apakah penerima itu sehat atau cacat, kalo pengen kasih yaa kasih aja, tanpa kata kata, sedangkan kita, kadang melihat orang yang masih sehat minta2, udah ga kasih malah mengumbar kata kata menyakitkan” – – – – –

==========================================================================

kata bapakku : “azemi, jadi orang rusak itu gampang, tetapi jalan hidupnya penuh dengan kesulitan. Jadi orang baik itu sulit, namun lebih mudah menjalani hidup”.

============================================================================

Kata bapakq ” “azemi, ketika MENTARI sudah terbenam jangan sekali sekali mengganti dengan lilin, karena sinar LILIN tak seterang MENTARI – tunggulah sampe ESOK – sinar itu akan KEMBALI datang.

met sore kawan – sabarlah menanti keberkahan jangan pake jalan pintas . . . . .

=============================================================================

kata bapakku : “azemi, jangan simpan kebencian, karena dgn merasa benci hati kita jadi keras, saat kebencian itu datang berdzikirlah agar hatimu menjadi tentram” – – – –

=====================================================

kata bapakku : “azemi, jangan sampai kita memaknai sesuatu sesuka diri kita, atau menapsirkan sesuatu sesuka diri kita, apalagi yang ghoib pasti kita akan terjebak dalam teka teki yang tak berujung kebenaran” . . . . .

=====================================================

kata bapakku : azemi, ketika “cahaya” itu hilang, kita tak boleh berkata gusti Allah tak cinta diriku, biarkan “cahaya” itu pergi asal dihatimu masih ada seberkas sinar ilahi…….

=====================================================

kata bapakku : azemi, apakah napasmu masih panjang ta ada yang tahu, apakah sudah tinggal sedikit juga tak ada yang tahu, karena itu perlu seimbang kebutuhan dunia dan akherat

====================================================

kata bapakku : “azemi, jangan kamu berhenti belajar, karena standart agama kamu belajar itu dimulai saat dalam gendongan orang tua sampai dalam kubur (mati), kata orang jawa belajar itu = NGELMU, ANGEL yen durung KETEMU = kalau belum ketemu sulit mengerti, namun setelah mengerti semua jadi mudah dan gamblang bahkan terang benderang”.

=============================================

kata bapakq : “azemi, sungguh sifat LUPA diberikan gusti Allah kepada manusia adalah merupakan rahman dan rahimnya gusti Allah pada manusia, coba kalo kamu ga dikasih sifat lupa, sandal kamu yang hilang akan kamu tangisi terus, mbah kamu yang telah meninggal akan kamu tangisi terus, dengan lupa, maka kamu bisa melanjutkan beraktifitas”

=======================================

kata bapakku : “azemi, perlu kesabaran menunggu hantaran makan malam, perlu pilih pilih menu untuk makan malam, perlu duit untuk makan malem, kok banyak perlunya sih, KAPAN GRATISnya,  jangan makan hanya untuk menyiksa badan anda, jangan makan hanya untuk merebahkan diri di kasurnya rumah sakit”….

=============================================

kata bapakq : azemi, urip mung sepisan, ojok golek musuh, ojok golek molo, golek’o suargone gusti Allah, mumpung isih enom, awakmu kudu sregep oleh’e ngibadah, ngadep marang gusti Allah, ojo nolah noleh yen durung uakeh entuk’e awakmu ngilmu agomo……

==========================================

Bapakku juga memberikan nasehat malem itu : “azemi, hidup ini tak akan kamu raih dengan kesenangan batin, apabila dalam mencari rezeki kamu melupakan “pemberiNYA”. Segala macam yang nampak (kasat mata) itu bisa jadi menjadi pelumas yang akan mengelincirkan dirimu menjauhi Gusti Allah, namun yang ada dalam Qolbu kamu itulah modal untuk bisa mempertemukan dirimu dengan Gusti Allah. Ingatlah Bondo dan Boca (harta dan anak) itu bisa menjadi penjerumus kita masuk neraka (pitnah).

=========================================

kata bapakq : “azemi, ketahuilah kebodohan itu adalah kegelapan, sedangkan Ilmu (pandai) itu lentera, maka orang bodoh pasti jalannya akan tak sempurna (nabrak kiri kanan), sedangkan orang yang berilmu mereka selalu dicahayai dalam meniti perjalanan lurus dan tak bermasalah”, maka selalu kamu camkan Iqra’

========================================

kata bapakq : azemi, bertuturlah dengan kalimat kalimat indah, agar lawan bicaramu betah berlama lama silatutahim dengan dirimu, jangan sekali kali kamu sakitkan lawan bicaramu dengan kata kata kamu, mreka akan meninggalkan dirimu selamanya, camkan itu !

=====================================

kata bapakq : azemi, jangan sandarkan dirimu pada harta, jangan kau sandarkan dirimu pada manusia, karena semua itu tak mampu menjamin dirimu bahagia, namun ArRahman dan ArRahim gusti Allah, hidupmu selalu terjamin….

=====================================

kata bapakq : azemi, ketika kau di lahirkan, kamu cuman bisa menangis, kau belum pernah belajar apalagi diajari, tetapi kamu sudah mengerti (tanpa diajari), tetek ibumu itu adalah makanan, kamu isap hingga kamu merasakan nikmatnya ASI ibumu sekaligus kasih sayang ibumu….. sungguh besar manfaat, Gusti Allah memberi naluri pada makhlukNYA ……………..

====================================

untuk anak anakq – ponakanq

kata bapakq : azemi, pernikahan itu akan membalikkan kebiasaan, kalo dulu ga boleh dilakukan sekarang kudu dilakukan, yang dulu sering kita lakukan harus kita tinggalkan, camkan itu sebelum kamu nikah…….

=====================================

kata bapakku : “azemi, sampaikan kebenaran, walaupun kadang kamu dianggap aneh, tapi itu adalah lentera buat mereka”

=====================================

kata bapakku : azemi, apabila kebaikan itu diajarkan jangan kau abaikan, sebaliknya bila kemungkaran itu yang diajarkan jauhkan dirimu agar kau selamat daeri siksa gusti Allah……

======================================

kata bapakku : azemi, sering seringlah minta nasehat pada siapa saja : kiyai, preman, pejabat, penjahat, tua, muda, anak2 bahkan, diantara beberapa nasehat pasti salah satunya kamu butuhkan……..

=========================================

kata bapakku : azemi, tak selamanya kita perlu makan, tak selamanya kita butuh tempat, tak selamanya kita jadi miskin, tak selama kita punya harta, pertanyaannya siapkan kita bila “dunia” dibalik kesempatannya……

=====================================

kata bapakku : “azemi, kalo kamu jadi guru sudah ga disukai murid kamu lagi, maka saatnya kamu lepaskan pekerjaan itu, agar kamu bisa berbuat banyak pada pekerjaan tanpa di satroni orang lain”

=======================================

kata bapakku : azemi, beruntunglah orang yang tercerabut, sehingga bisa repleksi diri, makin istiqomah, makin empati pada lingkungan, makin bisa menghitung teman atau kawan, makin pandai, makin luas koleganya, makin makin makin….. dekat dengan gusti Allah………………….

======================================

Inget kata kata bapakku : “azemi, bila kamu selamatan, jangan lupa ditengah tengahnya ada orang miskin, kau akan melihat senyum yang paling tulus adalah senyum orang miskin saat mereka kau jamu dengan kenikmatan ikhlasmu”.

=======================================

Kata bapakku : azemi, ada yang bilang (untuk wanita).

camkan ini !, Janganlah kamu keluar rumah terlalu jauh, karena lepasnya dirimu dari keluarga akan banyak tangan berusaha menampung dengan macam macam angan angan dan kepentingan…..

==========================================

kata bapakku : azemi, takdir & qodar Gusti Allah itu bisa detik’an, menitan, jam, hari bulan atau lama sekali, karena itu Ojo Dumeh sugih Bondo, Ojo Kagetan Bolomu Lara, ojo Gumunan sesok awakmu Makmur lusa wes kere maneh……..

=============================================

kata bapakku : azemi, tirulah kanjeng nabi Muhammad saw, pake jurus sabar dengan kebenaran, bukan sabar dengan pemaksaan, hasilnya banyak manusia dari berbagai lapisan dunia mengakui cara bertablighnya benar, tak terbatas yang beragama islam saja.

==========================================

kata bapakku, azemi : melihat kesulitan, ita perlu memposisikan diri seperti tak seneng ikan bandeng karena banyak onak/durinya tapi coba perhatikan masih banyak dagingnya daripada durinya bukan ?, nah kesulitan itu masih banyak kesenangan yang kita dapatkan dibandingkan sedihnya ….

===============================================

kata bapak-ku : “azemi, ajarkan ilmu yg kamu miliki pada orang lain, karena itu bisa sebagai “backup” bila suatu saat kamu lupa dengan ilmu tersebut”.

===========================================================

kata bapakku : azemi, kalau masjid sudah dipenuhi kaum muda, bukan penghuni yang batuk2 saat sholat subuh, itu pertanda surat An-Nashr jadi kenyataan

surat An-Nashr

[110:1] Apabila telah datang pertolongan Allah dan kemenangan,

[110:2] dan kamu lihat manusia masuk agama Allah dengan berbondong-bondong,

[110:3] maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan mohonlah ampun kepada-Nya. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penerima taubat.

=============================================================

kata Bapak-qu : “azemi, nggowo awak iku ABOT, tapi sing paling ABOT nek nggowo UTANG WAKTU MATI”, mulane utang utang cepet bayaren, …………

==========================================================

kata bapak-qu : “azemi, perlu sabar untuk membuat orang pinter, perlu waktu untuk mereka setuju, perlu ikhlas untuk yakinkan mereka, semangat dan doa, itu “JAMU MUJARAP” yang tak ada duanya” – – –

=======================================================

kata Bapakqu : “azemi, kalau sekujur tubuh sakit itu pertanda kamu masih bernama manusia, sebab kalau sekujur tubuhmu sudah tak merasakan sakit, artine kamu sudah jadi MAYAT”… qiqiqii

===========================================================

Kata Bapakku : “azmi, menangisi kesalahan diri akan melemahkan raga kamu, sebaliknya, memperbaiki kesalahan itu lebih terhormat dan raga kamu akan sehat”.

==========================================================

kata BapakQu : Azemi, soal dunia jangan berlebihan mencintai selain isteri kamu, sebab saat kamu mencintai barang kamu akan tersiksa dengan barang, tapi kalo mencintai isteri, kamu akan mendapatkan segalanya dari isteri kamu, jgn cinta mobil, kamu akan disuruh mencuci, mana pernah kamu disuruh mandiin isteri kamu ?” he hee bener bapak….

========================================================

2 Komentar

  1. Amazing…I like your blog Pak !

  2. kata bapakku: “sipp pak,,,”


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s