Sekilas Info dr.MB (Moga Bermanfaat) 2: Sobat Lelaki Perlu Tahu…, tentang prostat


oleh -Mukhammad Burhanuddin- pada 29 April 2011 jam 23:40 di FB

Bismillah walHamdulillah,

Wassholatu wassalamu ala Rosulillah, Sayyidina Muhammad laa nabiyya ba’dahu,

Wa ala alihi wa ashabihi wa man tabiahum bi ihsan ila yaumil qiyamah.

Amma ba’du..

Beberapa waktu lalu saya (“terpaksa”:) belajar lagi tentang yang mau saya sampaikan ke pasien saya, biar saya ndak mudah lupa jadi saya ketik aja ya, semoga anda berkenan membaca dan dapat manfaat dari tulisan ini…

Saya cuma pingin sharing tentang Prostat, sebuah organ yang hanya dimiliki oleh kita2, kaum lelaki..

Prostat adalah suatu kelenjar dari sistem reproduksi pria yang letaknya di bawah kantong kemih, di depan poros usus (rectum) dan melingkari saluran kemih yang disebut Urethra. Pada pria dewasa ukurannya kita-kira sebesar buah kenari dengan volume sekitar 20ml.

Prostat berfungsi memproduksi cairan khusus untuk campuran semen (bukan semen kayak yang buat bikin bangunan itu lho ya:). Semen adalah ejakulat yang kita keluarkan saat ejakulasi, cairan di mana sperma ‘berenang’. Cairan yang diproduksi prostat berperan mengaktifkan sperma dan mencegah sperma –yang jumlahnya bisa jutaan hanya dalam satu mililiter– saling melengket.

Ada tiga penyakit pada prostat yang sering dijumpai yakni prostatitis, pembesaran prostat yang sifatnya jinak, sampai kanker yang bersifat ganas.

1.Prostatitis

yakni peradangan prostat yang kebanyakan berasal dari infeksi kandung kemih. Pasien MENDADAK demam tinggi, kencing sulit disertai nyeri dan ada kalanya sperma mengandung darah. Diagnosisnya bisa melalui pemeriksaan air seni di laboratorium, bila perlu juga dilakukan uji pembiakan kuman dari sampel air seni tersebut. InsyaAllah dapat diterapi efektif dengan antibiotika yang sesuai (untuk ini hubungi dokter, yang cakep kayak saya juga boleh, opo hubungane yo?:)

2.Kanker Prostat

Sering terlambat didiagnosis karena penderita hampir selalu tidak mengalami keluhan apapun pada awalnya. Kecurigaan kanker Prostat bila didapatkan kadar PSA (Prostate-Spesific Antigen) yang tinggi, diagnosis pasti dengan biopsi (mengambil sedikit jaringan dengan alat khusus) pada organ prostat untut diperiksa oleh ahli patologi anatomi. Kanker ganas ini pada umumnya diderita lansia dan sangat lambat pertumbuhannya, bahkan dikatakan “banyak pria meninggal DENGAN kanker prostat dan bukan AKIBAT kanker prostat”. Pengobatan dilakukan oleh dokter spesialis dengan obat2 khusus anti hormon.

3.Benign Prostat Hiperplasia (BPH) alias pembesaran prostat yang sifatnya jinak

Merupakan pertumbuhan berlebihan dari prostat yang sifatnya jinak dan bukan kanker. BPH diderita oleh kebanyakan pria seiring dengan meningkatnya usia sehingga sering disebut “penyakit orang tua”. Dikatakan bahwa “Lebih dari 50 persen pria berusia lebih dari 50 tahun mengidap BPH”. Pembesaran dari kelenjar ini lambat laun menekan saluran kemih sehingga menyulitkan BAK dan ada kalanya dapat meMBlokir keluarnya urine.

Dokter mungkin memerlukan pemeriksaan colok dubur (memasukkan jari melalui anus) untuk meriksa prostat anda. Pemeriksaan ini penting untuk memperkirakan apakah prostat membesar.

…….

(To be continued ya ngetiknya, dah malem, Mau Bobok dulu, besok -insyaAllah- masuk kerja:)

zzzz zzzz zzzzz

…….

>>> Bismillah, sudah longgar lagi karena malam minggu masih sendiri, Ane lanjut lagi ya Gan…

Gejala BPH ini antara lain:

– Kesulitan untuk mulai BAK.

– Ketika kencing, pancarannya lemah/menetes dan terasa tidak tuntas.

– Sering kencing, juga pada waktu malam hari. (nokturia)

– Kadang-kadang kebelet dan sulit menahan kencing. (inkontinensia urine)

– Ada kalanya sama sekali tidak bisa kencing (retensi urine)

Tindakan pencegahan BPH:

1. Jangan menahan kencing ketika sudah kebelet.

Terlalu sering menahan kencing bisa berakibat fatal, karena bisa meningkatkan resiko timbulnya batu dan bahkan juga bisa mengganggu kerja ginjal

2. Walaupun anda lelaki, tapi usahakan kencing pada posisi duduk (atau jongkok?) agar otot-otot dasar panggul lebih rileks dan pembuangan urine bisa lebih tuntas.

Kalo Anda bertanya lebih baik mana antara BAK secara duduk atau jongkok, sejujurnya saya jawab saya belum bisa memberi jawaban. Jadi jangan tanya saya ya Gan:) (ntar insyaAllah saya coba kasih sedikit uraian tentang hal ini deh)

3. Jangan minum berlebihan pada malam hari, dan sesuai kebutuhan pada siang hari (8 gelas atau sekitar 1,5-2 liter sehari).

4.Hindari alkohol, kopi dan teh yang bisa memicu meningkatnya produksi urine sehingga gampang kebelet. 

Alkohol bisa merugikan sekali, karena berfungsi menekan sistem saraf pusat yang membuat otot-otot di seluruh tubuh menjadi lemas, termasuk otot-otot kandung kemih. Akibatnya urin tertahan.

5. Gerakin badan dong, hindari imobilitas yang berkelanjutan, misalnya duduk lama berjam-jam.

Duduk terlalu lama membuat prostat anda tertekan terlalu lama. Apabila pekerjaan menuntut anda lebih banyak duduk, bangkitlah dan berjalan-jalan barang sejenak demi kebaikan anda sendiri.

6. Mengkonsumsi Semangka dan Tomat dikatakan bagus untuk kesehatan prostat karena banyak mengandung anti oksidan Lycopen.

7.Hindari konsumsi lemak berlebihan karena dapat meningkatkan peMBesaran prostat.

8. Perbanyak konsumsi sayuran. Kadar hormon pria tidak begitu tinggi pada mereka yang lebih banyak makan sayuran, dan itu mungkin menjelaskan mengapa BPH jangan dijumpai dalam budaya-budaya dengan kebiasaan lebih banyak makan sayuran

9.Waspadai beberapa jenis obat yang mempengaruhi proses berkemih, seperti Diuretika, obat anti depresi, dan beberapa obat anti histamin dan obat2 pelega hidung mampet (efedrin, fenilpropanolamin) yang seringkali terdapat pada obat flu yang dijual bebas. Obat dekongestan ini memiliki efek samping menciutkan leher kandung kemih sehingga akan menyulitkan BAK.

10.Berolahraga.

 Memang, tidak ada olahraga yang spesifik untuk kesehatan prostat, tetapi banyak minum air, dan hubungan seksual secara teratur dapat memperkecil risiko. Yang jelas, banyak dokter mengamati bahwa pria bertubuh bugar jarang mengalami masalah prostat ketimbang mereka yang lebih banyak duduk.

Pengobatan BPH:

Dengan penuh kecermatan, para dokter umumnya menggunakan 2 golongan obat untuk menterapi BPH.

1. Zat Pengecil Volume.

Yakni menghambat enzim 5-alfa reduktase sehingga menghambat perubahan testosteron menjadi dihidrotestosteron(DHT).

DHT inilah yang memacu pertumbuhan berlebihan dari sel-sel prostat dan juga diduga memegang peranan dalam menyebabkan kerontokan rambut.

Golongan obat ini diklaim mampu mengecilkan ukuran prostat yang meMBesar di atas 40ml tetapi efeknya baru nyata setelah 3-6 bulan. Contoh obat yang tersedia di pasaran: Finasteride (Proscar) dan Dutasteride (Avodart)

2. Zat Penurun Ketegangan.

Yakni golongan Alfa Blocker yang bisa berefek melemaskan otot di prostat dan di leher kandung kemih sehingga menghilangkan ketegangan dan kontriksi dari saluran kemih. Contoh obat yang tersedia di pasaran: Terazosin (Hytrin), Afluzosin (Uroxatral) dan Tamsulosin (Harnal).

Sebagai terapi lanjutan, bila kencing tetap tidak bisa keluar meski kandung kemih telah terasa penuh, maka pemasangan selang kateter mutlak diperlukan bila tidak ada kontra indikasi. Terapi pembedahan dengan TURP ataupun sinar laser bisa menjadi pilihan terakhir bila penggunaan obat-obatan tidak menunjukkan perbaikan.

Bila sakit berlanjut hubungi dokter…

Bila cinta ingin berlanjut hubungi penghulu…

Dan jangan pernah merasa jauh menghubungi Allah karena Dia sangat dekat denganmu…

Karena hanya dari dan karena-Nya Cinta dan seMBuh…

@_@

Beberapa note saya tentang uneg2 kedokteran sebelumnya:

> Sekilas Info dr.MB (Moga Bermanfaat) 1 : MIGRAIN http://www.facebook.com/note.php?saved&&note_id=459677997460

> D-O-K-T-E-R http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150143481622461

> Muhasabah Berkarya 1: 1 bulan disini.. http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150137789707461

 > (bingung mau saya kasih judul apa, yang jelas ini renungan imajiner seorang “dokter”) http://www.facebook.com/note.php?note_id=433495927460

> CiNTA dalam stase DM http://www.facebook.com/note.php?note_id=406754687460

@_@

Oh ya, tentang pembahasan posisi BAK, maap saya belum nemu referensinya di bidang medis, sementara saya cantumkan hadist yang menjelaskan tentang yang dilakukan oleh Kanjeng Nabi ya…

InsyaAllah saya jadikan di note tersendiri saja ya biar note yang ini tidak terlalu panjang dan bisa2 sampean bosan membacanya : http://www.facebook.com/note.php?saved&&note_id=10150156452217461

Satu hal yang menurut saya sangat penting:

Bersungguh-sungguhlah menghilangkan najis setelah selesai buang hajat, berdasarkan sabda Rasulullah yang memberi peringatan keras terhadap orang-orang yang menganggap remeh perkara bersuci ini.

Beliau Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

“Mayoritas siksa kubur itu akibat tidak membersihkan air seni”

(H.R Ibnu Majah no: 342 dan dicantumkan dalam Shahihul Jami’ no: 1202)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhu bahwa ia bercerita: “Suatu kali Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melewati dua kuburan lalu berkata:

“Sesungguhnya kedua penghuni kubur ini sedang disiksa, bukanlah karena kesalahan yang besar. Salah seorang dari keduanya karena tidak beristinja’ setelah buang air, dan satunya lagi berjalan ke sana kemari menyebar namimah (mengadu domba).”

(H.R Al-Bukhari no:5592)

Allahu A’lam.

dokter yang MB (Masih Belajar)

tapi juga Manis Banget orangnya 🙂

Iklan

2 Komentar

  1. Mantap infonya dr gan

    • saya merasa manfaatnya informasi ini matur nuwun pak dokter.
      ada yang saya tanyakan bagaimana pengobatan batu ginjal tanpa operasi, mohon di balas.

      dari sugiyanto, depok


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s